Berita

STIKes Indramayu Bekali Soft Skill Lulusan untuk Sukses Kerja dan Karir

STIKes Indramayu Bekali Soft Skill Lulusan untuk Sukses Kerja dan Karir

Indramayu, Selasa 21 Agustus 2018 Unit Pusat Karir dan Tracer Study STIKes Indramayu membekali alumni dengan seminar dan workshop “Kiat Sukses Mendapatkan Kerja di Dalam dan Di Luar Negeri”. Pembicara pada seminar tersebut adalah Musthafa Fahmi, S.Pd. Kegiatan yang dilakukan di Aula STIKes Indramayu tersebut bertujuan untuk memberikan bekal kepada para alumni mengenai proses pencarian kerja.

Kegiatan seminar dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan materi dan dilanjutkan sesi kedua berupa kegiatan workshop. Materi yang diberikan kepada para alumni adalah cara pembuatan CV, pembuatan surat lamaran pekerjaan, cara menghadapi wawacara, dan pencarian kerja di era digital. Para Alumni dibimbing langsung oleh pembicara dan beberapa fasilitator untuk membuat CV yang baik yaitu dengan memberikan detail informasi alumni yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan layout yang menarik. Setelah itu alumni juga dibimbing untuk mencari pekerjaan dengan memanfaatkan internet. Alumni membuat akun di Jobstreet, salah satu akun pencari kerja dengan kredibilitas yang tinggi di Indonesia dan langsung praktik untuk meggunakannya.
 

Workshop Teknik Pembuatan Surat Lamaran, CV, Akun Jobstreet, dll

Setelah CV dan surat lamaran kerja berhasil dibuat, alumni kemudian mendemonstrasikan proses interview dengan bekal materi yang telah mereka dapatkan sebelumnya. Riyanto, S,Kep., M.Kep selaku ketua panitia menyampaikan bahwa seminar dan workshop mengenai Job Hunting sangat penting mengingat kebutuhan banyak perusahaan yang melihat calon pekerja dari berbagi aspek dan menjadi penting bagi Institusi utuk membekali alumninya dengan kemampuan menggali berbagai informasi tentang pencarian kerja.
 

Praktik Kiat Sukses Interview

Sementara apresiasi positif datang dari para alumni mengenai kegiatan seminar tersebut. “Di Indonesia ternyata banyak lowongan pekerjaan, bahkan jumlahnya bisa mencapai puluhan ribu dan saya baru mengetahuinya setelah membuat akun Jobstreet” Ungkap Nia Nursoleha salah seorang alumni PSSK STIKes Indramayu. 

Having Positive Contributions

Share this :